Ekonomi & Bisnis

Informasi Ekonomi dan Bisnis terbaru

Hukum

Informasi Hukum dan Kriminal di sepanjang hari

Metropolitan

Informasi terkini kondisi kota metropolitan dan sekitarnya

Nusantara

Informasi peristiwa yang terjadi di seluruh nusantara

Selebiz

Informasi seputar selebriti dan showbizz terhangat

Utama » Daerah, Peristiwa

Rusuh di Kutai Barat, 400 Kios Terbakar

Artikel dikirim oleh pada 25 November 2012 – 03.49Belum Ada Komentar
Dibaca :5748

Berawal dari antre BBM Premium. (ANTARA/Kristian Ali)

Bali, Media Sinar Timur.Com

Sejumlah aksi pembakaran kembali terjadi di Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur, pada Sabtu dan Minggu dini hari tadi. Kejadian ini dipicu insiden pengeroyokan seorang warga saat antre membeli BBM.

Setelah kejadian itu, massa menuntut agar pom bensin APMS ditutup dan pemiliknya diusir keluar dari Kalimantan Timur. Tuntutan warga ini kemudian dibicarakan bersama oleh Muspida, tokoh masyarakat, dan pihak keamanan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Komisari Besar Pol. Antonius Wisnu Sutirta warga yang tidak puas dengan hasil pertemuan kemudian mendatangi Pasar Barong Tongkok dan membakar sejumlah kios.

“Pada Sabtu malam keributan menyebar. Pasar Barong tongkok terbakar, ada 400 kios yang ludes. Tapi, tidak ada korban jiwa,” kata Wisnu Minggu, 25 November 2012.

Massa kemudian dibubarkan petugas. Tapi, tidak berapa lama kemudian, pada Minggu dini hari tadi, terjadi kebakaran di mess karyawan AMPS. Belum diketahui secara pasti apakah kejadian ini memang disengaja. ”Mess terbakar, masih diselidiki apakah ini dibakar. Ini tugas polisi untuk menyelidikinya. Setelah hujan deras turun, massa langsung bubar,” katanya lagi.

Antonius Wisnu menambahkan secara keseluruhan kondisi di wilayah Kutai Barat kini terkendali. Aktivitas warga berjalan seperti biasa pada pagi hari ini. Pemeriksaan terhadap tiga orang yang diduga telah mengeroyok warga masih dilakukan.

“Situasi terkendali, aktivitas berjalan seperti biasa, tidak ada pengungsian dan korban jiwa. Saat ini masih dilakukan penyelidikan,” Wisnu menjelaskan.

Bentrokan itu bermula dari pengeroyokan terhadap salah seorang warga saat sedang mengisi bensin Premium di pom bensin APMS Simpang Raya, Barong Tongkok, Jumat kemarin, 23 Desember 2012.

Saat itu, petugas APMS mengatakan Premium sudah habis kepada salah seorang pengendara sepeda motor. Tapi, belakangan petugas itu justru melayani pemilik kendaraan lainnya. Terjadilah cekcok mulut. Pemilik kendaraan yang dilayani petugas APMS langsung dikeroyok. Ketiga pengeroyok sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Kutai Barat.

Setidaknya, 800 personel Brimob, Dalmas Polres Samarinda dan Kutai Kartanegara disiagakan mengamankan. Mereka dibantu personel TNI.

 

made/vv

Berita terkait :

  1. Satpol PP Ketapang Akan Tetap Tertibkan Kios Tanpa Izin Dibaca :1112Ketapang, Media Sinar Timur.Com Kasat pol PP Ketapang akan tetap menertibkan kios-kios dipinggir jalan guna mengentisipasi keindahan kota, sekaligus...
  2. Warga RW. 013 Kelurahan Semper Barat Adakan Kerja Bhakti Massal Dibaca :538 Jakarta, Media Sinar Timur.Com Dalam rangka menjelang hari raya IDUL FITRI pada hari minggu tanggal 29 juli 2012...
  3. Walikota Jakarta Barat Inginkan Siswa Berprestasi Untuk Mengurangi Pengangguran Dibaca :907Kembangan, Media Sinar Timur.Com Walikota Jakarta Barat, Burhanuddin mendambakan berbagai prestasi terhadap para siswa, mulai dari tingkat SD, SMP,...
  4. SOSOK KEPALA PUSKESMAS SEMPER BARAT I MASHURI DJAMAL.SAP TELAH BERHASIL MENJALANKAN AMANAH DENGAN BAIK Dibaca :721 Jakarta, Media Sinar Timur.Com Pelayanan public merupakan salah satu untuk kebersamaan yang sangat penting terhadap masyarakat, karena itu...

Tinggalkan komentar!

Tuliskan komentar Anda atau berikan trackback dari website Anda. Anda juga dapat berlangganan komentar artikel ini melalui RSS.

Tetap pada topic. Jangan lakukan spamming.